Jumat, 26 Oktober 2012

Mengomentari jam pelajaran (alokasi waktu) pada SILABUS khusus kelas X


TUGAS
TELAAH KURIKULUM SMA




Disusun Oleh :

VEVI OKTAMI
ACC 109 053



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PALANGKARAYA
2012

Mengomentari jam pelajaran (alokasi waktu) pada SILABUS khusus kelas X:

SEMESTER 1
1.      Perkembangan tabel periodik unsur (2 jam pelajaran)
2 jam pelajaran cukup untuk materi ini karena sesuai dengan kegiatan pembelajaran, indikator, serta materi yang diajarkan tidak terlalu banyak. Jadi, materinya cukup dibahas untuk sekali pertemuan yaitu 2 jam pelajaran.

2.      Struktur atom (2 jam pelajaran)
2 jam pelajaran cukup untuk materi ini karena sesuai dengan kegiatan pembelajaran pada silabus. 1 jam pelajaran untuk menjelaskan materi tentang struktur atom, kemudian 1 jam pelajarannya lagi untuk berdiskusi dan mengerjakan soal secara berkelompok.

3.      – Sifat fisik dan sifat kimia unsur
– Sifat keperiodikan unsur                  (2 jam pelajaran)
2 jam pelajaran cukup untuk materi ini karena materi yang akan dibahas tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sulit.

4.      Perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan teori atom modern (2 jam pelajaran)
2 jam pelajaran cukup untuk materi ini karena pada materi ini lebih banyak menjelaskan teori-teorinya saja. Pada materi ini juga siswa mempresentasikan dan diskusi tentang teori-teori atom.

5.      Ikatan kimia
– Kestabilan unsur                                   (3 jam pelajaran)
– Struktur Lewis
– Ikatan  ion dan ikatan kovalen
– Ikatan kovalen koordinat
– Senyawa kovalen polar dan non polar        (3 jam pelajaran)
– Ikatan logam
Jumlah alokasi waktu untuk ikatan kimia adalah 6 jam pelajaran. 6 jam pelajaran cukup untuk materi ini, tapi dapat dibagi menjadi 3, masing-masing menjadi 2 jam pelajaran yaitu:
Ø  2 jam pelajaran untuk:
- kestabilan unsur
- struktur Lewis
Ø  2 jam pelajaran untuk:
- ikatan ion dan ikatan kovalen
- ikatan kovalen koordinat
Ø  2 jam pelajaran untuk:
- senyawa kovalen polar dan nonpolar
- ikatan logam
Dibagi menjadi 3 yang masing-masing 2 jam pelajaran akan mempermudah dalam kegiatan pembelajarannya karena 1 kali pertemuan untuk kelas X hanya 2 jam pelajaran.

6.      Tata nama senyawa (2 jam pelajaran)
2 jam pelajaran cukup untuk materi ini karena materi yang akan dibahas tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sulit, serta sesuai dengan indikatornya yang tidak terlalu sulit untuk dicapai dan dipahami siswa.

7.      Persamaan reaksi sederhana (4 jam pelajaran)
4 jam pelajaran cukup pada materi ini karena disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran dan indikatornya serta materi yang dibahas cukup sulit juga. Untuk 2 jam pelajaran pada pertemuan pertama akan dibahas dan diskusi bagaimana cara menyetarakan reaksi. Sedangkan 2 jam pelajaran pada pertemuan kedua mengulang tentang materi persamaan reaksi dengan latihan menyetarakan reaksi.

8.      Hukum dasar kimia
– Hukum Lavoisier                      (2 jam pelajaran)
– Hukum Proust
– Hukum Gay Lussac                  (2 jam pelajaran)
– Hukum Avogadro
Jumlah alokasi waktu pada Hukum dasar kimia adalah 4 jam pelajaran. Untuk materi ini tidak cukup apabila hanya 4 jam pelajaran. Pada materi ini sebaiknya berjumlah 6 jam pelajaran karena materinya cukup banyak dan sulit serta ada perhitungannya. Perhitungan pada materi ini perlu latihan untuk siswa dapat memahami materinya. Pada materi ini juga terdapat kegiatan pembelajaran melakukan percobaan di laboratorium. Jadi pada materi ini perlu 1 kali pertemuan (2 jam pelajaran) untuk menjelaskan materinya, 1 kali pertemuan (2 jam pelajaran) untuk percobaan di laboratorium, dan 1 kali pertemuan (2 jam pelajaran) lagi untuk latihan perhitungannya.

9.      Perhitungan kimia (6 jam pelajaran)
6 jam pelajaran untuk materi perhitungan kimia tidak cukup. Sebaiknya 8 jam pelajaran (4 kali pertemuan) karena perhitungan kimia sulit dan materinya banyak. Kegiatan pembelajarannya perlu beberapa kali pertemuan serta disela pertemuan harus ada latihan agar siswa dapat mencapai indikator yang tertulis pada silabus.

SEMESTER 2
1.      – Larutan elektrolit dan non elektrolit
– Jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik       (3 jam pelajaran)
– Jenis larutan elektrolit berdasarkan ikatan
Untuk materi ini sebaiknya memerlukan 4 jam pelajaran karena 1 kali pertemuan (2 jam pelajaran) digunakan untuk kegiatan di laboratorium sesuai dengan kegiatan pembelajaran pada silabus. Sedangkan 1 kali pertemuan (2 jam pelajaran) lagi untuk menjelaskan dan menyimpulkan tentang materi ini.

2.      – Konsep oksidasi dan reduksi
– Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion      (8 jam pelajaran)
Alokasi waktu untuk materi ini sebaiknya hanya 6 jam pelajaran saja karena untuk 8 jam pelajaran terlalu lama. Cukup 3 kali pertemuan (6 jam pelajaran) karena 1 kali pertemuan (2 jam pelajaran) untuk menjelaskan tentang materi, 1 kali pertemuan (2 jam pelajaran) untuk diskusi dan kerja kelompok tentang materi, dan 1 kali pertemuan (2 jam pelajaran) untuk mengerjakan soal-soal tentang materi.

3.      – Tata nama menurut IUPAC (2 jam pelajaran)
– Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan (1 jam pelajaran)
Sebaiknya alokasi waktu untuk materi ini adalah 2 jam pelajaran karena materinya tidak terlalu sulit dan tidak terlalu banyak. 1 jam pelajaran untuk tata nama menurut IUPAC dan 1 jam pelajaran lagi untuk aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.


4.      – Identifikasi atom C, H, dan O
– Kekhasan atom karbon                                                 (2 jam pelajaran)
– Atom C primer, atom C sekunder, atom C tertier,
dan atom C kurtener
2 jam pelajaran cukup untuk materi ini karena materinya tidak terlalu banyak. Sesuai kegiatan pembelajaran, 1 jam pelajaran untuk di laboratorium dan 1 jam pelajaran lagi untuk diskusi di kelas.

5.      – Alkana, alkena, dan alkuna
– Sifat fisik alkana, alkena, dan alkuna               (7 jam pelajaran)
– Isomer
– Reaksi senyawa kabon                                      (2 jam pelajaran)
Jumlah alokasi waktu untuk materi ini adalah 9 jam pelajaran. Sebaiknya jumlah alokasi waktunya adalah 8 jam pelajaran supaya dapat dibagi menjadi 4 kali pertemuan. 1 kali pertemuan (2 jam pelajaran) untuk alkana, alkena, dan alkuna. 1 kali pertemuan (2 jam pelajaran) untuk sifat fisik alkana, alkena, dan alkuna. 1 kali pertemuan (2 jam pelajaran) untuk isomer. 1 kali pertemuan (2 jam pelajaran) untuk reaksi senyawa karbon. Jadi, jumlah alokasi waktunya adalah 8 jam pelajaran.

6.      – Minyak bumi
– Fraksi minyak bumi                                                         (4 jam pelajaran)
– Mutu bensin
– Dampak pembakaran bahan bakar
4 jam pelajaran cukup untuk materi ini karena sesuai kegiatan pembelajaran yaitu presentasi kerja kelompok yang sudah dibagi kelompok dan materinya untuk tiap kelompok. Presentasi diperlukan 2 kali pertemuan (4 jam pelajaran).

7.      Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari (2 jam pelajaran)
2 jam pelajaran cukup untuk materi ini karena materinya tidak banyak dan mudah dipahami oleh siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar